Penilaian Kinerja Pegawai dengan Metode Umpan Balik 360 Derajat (360 Degrees Feedback)

1. Pengantar

Manusia merupakan faktor penentu dalam segala aspek kehidupan di dunia ini. Ia merupakan faktor penggerak utama dalam pembangunan (prime mover) namun juga merupakan aktor utama terjadinya kerusakan di bumi ini (Pasaribu 2011, hlm. 4).

Dalam sebuah organisasi peran sentral manusia sangat menentukan gerak langkah organisasi. Jika individu dalam organisasi memiliki kompetensi dan motivasi kerja yang tinggi maka bisa dipastikan organisasi tersebut akan mencapai kinerja yang tinggi karena pada hakikatnya organisasi merupakan wadah dari sekumpulan orang yang secara bersama-sama mencapai tujuan. Namun agar sumber daya manusia yang menggerakkan organisasi tersebut dapat mencapai kinerja yang diinginkan maka perlu dilakukan langkah-langkah strategis.

Pegawai yang termotivasi dengan baik akan dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas dan produktivitas sehingga semua tujuan-tujuan yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen akan dapat tercapai. Jika pegawai termotivasi dengan baik maka hal tersebut akan meningkatkan kinerja individu yang pada gilirannya akan meningkatkan kinerja organisasi. Forsyth (2006, hlm. 4) memformulasikan kinerja sebagai gabungan dari kemampuan, pengetahuan serta motivasi atau dapat dituliskan sebagai berikut:

Performance = (ability + knowledge) x motivational feeling

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s