Kompetensi dan Elemen-Elemennya

1. Pengertian

Kompetensi dapat diartikan sebagai pengetahuan atau keterampilan atau kapabilitas pribadi yang dimiliki oleh seseorang yang menyebabkannya mampu melakukan suatu pekerjaan dengan baik. Dengan kata lain kompetensi merupakan karakteristik seseorang yang dapat dilihat atau diperhatikan (observable) yang meliputi pengetahuan dan keterampilan serta karakteristik pribadi yang dapat membedakan kinerja seseorang dalam sebuah lingkungan kerja (University of New Hampshire 2011, hlm. 1).

Dubois et.al (2004, hlm. 16) memberikan definisi kompetensi sebagai “karakteristik yang dimiliki seseorang dan dipergunakan secara tepat dan konsisten untuk mencapai kinerja yang diinginkan. Karakteristik dimaksud mencakup pengetahuan, keterampilan, aspek pencitraan diri, motif sosial, karakter, pola pikir, mind-sets, dan cara berpikir, merasa dan berbuat.“

Sementara itu, Seema (2007, hlm. 9) mengutip definisi yang diberikan oleh Hogg (1993) mengenai kompetensi yaitu: “Competencies are the characteristics of a manager that lead to the demonstration of skills and abilities, which result in effective performance within an occupational area. Competency also embodies the capacity to transfer skills and abilities from one area to another.” (Kompetensi adalah karakteristik yang dimiliki oleh seorang manajer yang merujuk kepada keterampilan dan kemampuan, yang dapat menghasilkan kinerja efektif pada bidang yang bersangkutan. Kompetensi juga merupakan perwujudan kapasitas untuk mentransfer keterampilan dan kemampuan dari suatu bidang kepada bidang lainnya.)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s