Seri Doa Hari Ini (10): Doa Saat akan Naik Kendaraan

Doa Saat akan Naik Kendaraan

Ayat di atas, kata Sayyid Quthb sebagai sunnatullah yang berlaku untuk menyucikan jalur dakwah  dari para penghalang agar kehidupan kembali bergerak pada jalurnya yang telah dirumuskan. Nah, menurut Sayyid Quthb, ketika kehidupan telah terlepas dalam periode Nabi Nuh dan menjadi jumud, maka ia layaknya sebuah pohon yang terhalang pertumbuhannya disebabkan hama yang menjangkitinya. Obat untuk penyakit itu adalah badai banjir yang meruntuhkan segala sesuatu, dan membersihkan tanah. Sehingga, benih yang baru dapat kembali tumbuh dalam hidup yang sehat dan bersih, lalu berkembang menjadi besar.

Terakhir, kata Sayyid Quthb, ujian itu macam-macam. Ada ujian kesabaran, ujian kesyukuran, ujian untuk beradab dan berpendidikan. Dalam kisah Nabi Nuh di atas terdapat beraneka macam ujian bagi kaumnya dan pelajaran bagi kita generasi selanjutnya. Nah, kita tanya: apakah ujian kita sebesar ujian yang Allah berikan kepada Nabi Nuh? Tentu tidak bertanding dan tidak sebanding ujian Nabi Nuh dengan kita. Semoga Allah tolong dan ampuni kita, karena Allah berpesan:

QS. Hud [11] ayat 41

Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang”  (QS. Hud [11] ayat 41).*


Seri Doa Hari Ini:

 (9) Doa Mohon Diampuni dan Dikasihi || (10) Doa Saat akan Naik Kendaraan


Dr. Syamsul Yakin, M.A adalah Pengasuh Pondok Pesantren Madinatul Qur’an, Depok & Dosen Pascasarjana FIDKOM UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s