Seri Doa Hari Ini (8): Doa Mohon Kesabaran

Doa Mohon Kesabaran

Sejatinya, kata Tallal Alie Turfe, sabar adalah indera tersembunyi. Seringkali manusia cepat putus asa, malas, cemas, lemah-mengalah, dan ragu-ragu. Manusia membutuhkan sifat yang dapat meneguhkan dirinya agar mampu menjadi manusia berkarakter sempurna. Di sinilah pentingnya indera tersembunyi atau indera keenam yang bernama sabar itu. Namun indera ini tidak bisa muncul kecuali kita mengerahkan upaya ekstra. Manusia yang lemah tidak punya keberanian untuk melakukan upaya ini. Ia juga tidak punya ketahanan dalam menghadapi kemalasan. Ia menganggap bahwa usaha yang terus-menerus tidak akan menghasilkan apapun kecuali kegagalan. Ia mudah merasa kalah sebelum bertanding.

Selain sukses di dunia, balasan bagi orang yang sabar adalah surga. Abu Umamah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda dengan menyampaikan firman Allah SWT, ”Wahai Bani Adam! Apabila engkau bersabar dan berintrospeksi dalam menerima musibah, aku tidak ridha memberikan pahala bagimu kecuali surga” (HR Ibnu Majah). Selain itu, orang yang sabar juga mendapat pujian dari Nabi SAW. Nabi SAW katakan, ”Alangkah menakjubkan keadaan seorang mukmin. Setiap persoalan yang dihadapinya selalu menjadi kebaikan. Dan sikap itu tidak bisa dimiliki oleh siapapun kecuali orang mukmin. Apabila gembira menghampirinya, dia bersyukur, dan itu menjadi kebaikan baginya. Dan apabila kesusahan menimpanya, dia bersabar, dan itu menjadi kebaikan baginya.” (HR Muslim).

Ahmad Abduh Iwadh mengutip Muhammad Ibnu Ja’far yang berkata, ”Aku kagum kepada empat perkara sehingga mustahil seseorang itu berpaling dari empat perkara tersebut, yaitu:

Pertama, aku kagum kepada orang yang diuji dengan kelalaian. Bagaimana mungkin dia bisa lalai dari mengucapkan: ’Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk oang-orang yang zalim”.

Kedua, aku kagum dengan orang yang diuji dengan makar. Bagaimana mungkin dia bisa lalai dari mengucapkan: ’Aku menyerahlan segala urusanku kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat kepada hamba-Nya’.

Ketiga, aku kagum dengan orang yang diuji dengan rasa takut. Bagaimana mungkin dia bisa lalai dari mengucapkan, ’Cukup bagiku Allah. Dan Dialah sebaik-baiknya Pelindung’.

Keempat, aku kagum kepada orang yang diuji dengan kemudharatan. Bagaimana mungkin dia bisa lalai dari mengucapkan, ’Tuhanku, sesungguhnya kemudharatan telah datang menimpaku, sedangkan Engkau Maha Pengasih”.

Karena itu, kita berharap apapun yang terjadi pada diri kita, semoga Allah memberi kita derajat sabar tertinggi. Itulah kesabaran yang baik. Yakni, sabar dengan cara selalu berzikir (ingat) kepada Allah. Inilah pesan Allah,

QS al-Ma’arij [70] ayat 5

Maka bersabarlah engkau (Muhammad) dengan kesabaran yang baik” (QS al-Ma’arij [70] ayat 5).

Semoga!*

 


Seri Doa Hari Ini:

 (7) Doa agar Dikaruniai Keturunan yang Baik  
 (8) Doa Mohon Kesabaran  


Dr. Syamsul Yakin, M.A adalah Pengasuh Pondok Pesantren Madinatul Qur’an, Depok & Dosen Pascasarjana FIDKOM UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Advertisements

One thought on “Seri Doa Hari Ini (8): Doa Mohon Kesabaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s