Seri Doa Hari Ini (8): Doa Mohon Kesabaran

Doa Mohon Kesabaran

Menurut al-Syaukani dalam Tafsir Fathul Qadir, kata al-Ifraagh dalam model komunikasi doa di atas adalah al-shabb, yang artinya mencurahkan. Jadi maksudnya, ”curahkanlah kesabaran kepada kepada kami hingga meliputi dan melengkapi kami.” Mereka (orang-orang Mesir) meminta jenis kesabaran yang tinggi sebagai persiapan untuk menghadapi siksaan yang akan ditimpakan kepada mereka oleh musuh Allah itu. Kesabaran model ini juga ditujukan untuk mempersiapkan mental mereka menghadapi penyaliban. Tujuannya, agar mereka tetap berada di atas kebenaran dan keimanan.

Selanjutnya anak kalimat ”Dan wafatkanlah kami sebagai orang Islam (yang menyerahkan diri kepada Allah”, lanjut al-Syaukani, adalah: ”wafatkanlah kami dalam keadaan tetap teguh terhadap Islam, tidak menukar, mengganti maupun terpedaya”. Atau dengan bahasa yang lain, seperti diungkap al-Qurthubi, ”wafatkanlah kami dalam keadaan menyerahkan diri kepada-Mu, kendati wafat kami itu karena disiksa yang dilakukan oleh Fir’aun ataupun bukan”. Al-Thabari dalam Tafsir al-Thabari, menulis, ”Cabutlah nyawa kami dalam keadaan Islam, agama kekasih-Mu Ibrahim, bukan dalam kemusyrikan”. Hal ini menunjukkan bahwa cara mati bagi mereka bukan masalah asal dalam keadaan beriman kepada Allah SWT.

Lebih tegas lagi, ungkap Abdullah Yusuf Ali, dengan kesabaran dan ketabahan yang tinggi, mereka menunjukkan bahwa tobat mereka benar. Mereka bersedia mati syahid demi membela keyakinan. Diketahui pengorbanan mereka mempengaruhi bangsa Mesir dalam dua segi, yaitu:

Pertama, mereka muncul dari orang-orang yang biasa melakukan perbuatan palsu menurut kepercayaan takhayul di Mesir. Perubahan keyakinan mereka merupakan pukulan yang mengejutkan.

Kedua, penyembahan kepada dewa-dewa yang telah ditinggalkan oleh mereka membuka peluang singgahnya agama monoteisme seperti ajaran Nabi Isa dan Nabi Muhammad SAW ke bumi Mesir.

Sebenarnya apakah sabar itu, sehingga kita mohon kesabaran?

Tallal Alie Turfe dalam “Mukjizat Sabar: Terapi Meredam Gelisah Hati”, berpendapat bahwa hakikat sabar adalah “ketika kita mampu mengendalikan diri untuk tidak berbuat keji dan dosa, ketika mampu menaati semua perintah Allah. Ketika mampu memegang teguh akidah Islam. Ketika mampu tabah serta tidak mengeluh atas musibah dan keburukan apapun yang menimpa kita. Hal ini bisa dikaitkan dengan makna sabar itu yang berarti ”mengikat” dan ”menguatkan”. Yang diikat disini adalah kelemahan dan perilaku irasional yang dapat mencemari kepribadian kita yang islami, menjatuhkan martabat, bahkan menghancurkannya.

Dalam kaitan di atas, Ahmad Abduh Iwadh dalam Fi Shuhbah al-Ahadits al-Qudsiyyah mengutip sebuah hadits qudsi menarik. Abu Said al-Khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

”Nabi Musa pernah berkata, ’Wahai Tuhanku! Hambamu yang mukmin disempitkan kehidupannya di dunia’”. Beliau melanjutkan sabdanya, ”Dibukalah pintu surga sehingga Musa bisa melihatnya. Lalu Allah SWT berfirman, ’Wahai Musa inilah yang telah aku persiapkan baginya’. Maka Musa berkata, ’Wahai Tuhanku! Demi kemuliaan-Mu dan keagungan-Mu, kalaulah kedua kaki dan tangan hamba-Mu yang mukmin itu tidak pernah ada dari sejak Engkau menciptakannya sampai hari kiamat nanti, sedangkan ini adalah tempat kembalinya, maka dia tidak akan pernah merasakan kesedihan lagi’.

Lalu Musa melanjutkan perkataannya, ’Wahai Tuhanku! Hambamu yang kafir diluaskan kehidupannya di dunia’”. Maka dibukakanlah pintu neraka, sehingga Musa pun diperlihatkam kepadanya. Lalu Allah SWT berfirman, ’Wahai Musa! Inilah yang telah Aku persiapkan baginya’. Maka Musa berkata, ’Wahai Tuhanku! Demi kemuliaan-Mu dan keagungan-Mu, kalaulah hamba-Mu yang kafir itu memiliki dunia dari sejak Engkau menciptakannya sampai hari kiamat nanti, sedangkan ini adalah tempat kembalinya, maka dia tidak pernah melihat kebaikan sama-sekali”.

Advertisements

One thought on “Seri Doa Hari Ini (8): Doa Mohon Kesabaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s