Seri Doa Hari Ini (7): Doa agar Dikaruniai Keturunan yang Baik

Doa agar Dikaruniai Keturunan yang Baik

Oleh: Dr. Syamsul Yakin, M.A


Doa agar dikaruniai keturunan yang baik

Inilah salah satu doa yang diawali dengan seruan, ”Rabbi”, yang berarti ”Tuhanku”. Selain doa ini, beberapa doa lain di dalam al-Qur’an yang juga diawali dengan “Rabbi” adalah:

Doa untuk masuk dan keluar dengan bantuan Allah

Doa untuk masuk dan keluar dengan bantuan Allah

Dan katakanlah: “Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.” (QS al-Isra [17] ayat 80).

Doa untuk memohon agar mati dalam keadaan husnul khatimah

Doa untuk memohon agar mati dalam keadaan husnul khatimah

Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta´bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.” (QS Yusuf [12] ayat 101).

Doa untuk memohon menjaga shalat dan diijabah doa

Doa untuk memohon menjaga shalat dan diijabah doa

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS Ibrahim [14] ayat 40)

Doa untuk melapangkan dada

Doa untuk melapangkan dada

Berkata Musa: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku.” (QS Thaha [20] ayat 25)

Doa meminta berkah

Doa meminta berkah

Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.” (QS al-Mukminun [23] ayat 29)

Doa untuk menghindari kelompok zalim

Doa untuk menghindari kelompok zalim

Ya Tuhanku, maka janganlah Engkau jadikan aku berada di antara orang-orang yang zalim.” (QS al-Mukminun [23] ayat 94)

Doa menghindari bisikan setan

Doa menghindari bisikan setan

Dan katakanlah: “Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.” (QS al-Mukminun [23] ayat 97-98)

Doa meminta ilmu dan kesalehan

Doa meminta ilmu dan kesalehan

(Ibrahim berdoa): “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh.” (QS al-Syu’ara [26] ayat 83)

2 thoughts on “Seri Doa Hari Ini (7): Doa agar Dikaruniai Keturunan yang Baik

Leave a Reply

