Seri Doa Hari Ini (5): Doa Memelihara Hidayah

Doa Memelihara Hidayah

Terakhir, ketika kita mengkomunikasikan doa kita kepada Allah dengan penggalan kalimat ”Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi!” sesungguhnya kita sedang meminta karunia kepada Sang Maha Pemberi Karunia. Pernyataan ini juga sejatinya pengakuan diri kita. Selama ini mungkin kita mengaku besar, hebat, berpengaruh, tapi ternyata  kita begitu kerdil dan nyali kita bahkan kecil. Kita masih takut lapar, takut haus, takut susah, takut miskin, mudah lelah, putus asa, gampang marah, dan sakit hati. Dengan ilmu yang secuil kita kerap menyangka kita pandai, tapi ternyata ketika kita mengaca dan mengacu kepada Allah SWT kita bukan pandai, tapi kita pandir. Maka, benarlah kalau Allah ajari kita bahwa Allah adalah tempat bergantung.

Bagi Quraish Shihab, sifat Allah sebagai al-Wahhab (Maha Pemberi) adalah ”Yang Memberi walau tanpa diminta”. Pemberian-Nyapun banyak dan berulang-ulang. Bahkan berkesinambungan dan tanpa mengharap imbalan, baik di dunia maupun di akhirat. Tentu sifat seperti ini hanya Allah yang memiliki, karena itu kita memohon kepada-Nya dengan doa yang diajarkan Allah di atas. Karena itu untuk meneguhkan hati kita, kita patrikan di dunia ini hanya Allah Yang Memberi tanpa diminta. Ia memberi tanpa berharap kembali. Tujuannya, agar kita jangan pernah meminta kepada selain Allah Yang Maha Pemberi. Karena yang diberikan manusia sejatinya bersumber dari Allah SWT jua.

Tak ada pilihan, mari kita bergantung kepada Allah dengan mengkomunikasikan doa dan pinta kita kepada-Nya. Insya Allah dikabulkan. Apalagi doa ini, kata Quraish Shihab dalam karyanya al-Lubab, disertai dengan penegasan bahwa Allah SWT akan menghimpun manusia di hari akhirat dan bahwa Dia tidak menyalahi janji-janji-Nya. Allah berfirman:

QS Alu-Imran [3] ayat 9

Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk hari yang tidak ada keraguan padanya. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji” (QS Alu-Imran [3] ayat 9).

Inilah, tulis Abdullah Yusuf Ali dalam The Holy Qur’an, sebagai doa orang yang sudah mendalam ilmunya. Semoga kita bisa! Amin!*


Seri Doa Hari Ini:

 (4) Doa Sapu Jagat  || (5) Doa Memelihara Hidayah  

Dr. Syamsul Yakin, M.A adalah Pengasuh Pondok Pesantren Madinatul Qur’an, Depok & Dosen Pascasarjana FIDKOM UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Advertisements

2 thoughts on “Seri Doa Hari Ini (5): Doa Memelihara Hidayah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s