Seri Doa Hari Ini (5): Doa Memelihara Hidayah

Doa Memelihara Hidayah

Oleh: Dr. Syamsul Yakin, M.A


Doa Memelihara Hidayah

Abdullah bin Nashir al-Sa’di dalam karyanya Tafsir al-Sa’di, mengemukakan bahwa ayat ini patut menjadi sebuah contoh metode yang harus ditempuh dalam memahami ahat-ayat mutasyabih (yang maknanya banyak rupa/belum jelas). Dalam ayat ini Allah menyebutkan tentang orang-orang yang  ilmunya mendalam di mana mereka berdoa kepada-Nya agar Allah tidak menjadikan hati-hati mereka condong kepada kesesatan setelah diberi petunjuk. Mereka juga belajar dari pemberitaan Allah dalam ayat-ayat yang lain ikhwal condongnya hati pada kesesatan. Misalnya:

QS al-Shaf [61] ayat 5

”… Maka tatkala mereka berpaling  (dari kebenaran), Allah memalingkan hati mereka, …” (QS al-Shaf [61] ayat 5).

Begitu juga kalam mulia Allah, ”Sesudah itu mereka pun pergi. Allah telah memalingkan hati mereka …” (QS al-Taubah [9] ayat 127). Juga dalam ayat lain, ”Dan (begitu pula) Kami memalingkan hati dan penglihatan  mereka seperti mereka belum pernah beriman kepadanya (al-Qur’an) pada permulaannya…” (QS al-An’am [6] ayat 110).

Menurut al-Sa’di, Seorang hamba bila berpaling dari Tuhannya dan mencintai musuhnya, sebetulnya ia mengetahui kebenaran. Namun ia berpaling darinya. Ia mengetahui kebatilan, namun ia malah memilih berbuat batil. Maka Allah palingkan ia kepada sesuatu yang ia berpaling kepadanya. Pun Allah condongkan hatinya sebagai suatu hukuman baginya atas kecondongannya itu. Sejatinya, Allah tidak menganiaya seseorang. Namun orang itu yang menganiaya dirnya sendiri. Oleh sebab itu, kata al-Sa’di, janganlah mencela kecuali diri sendiri yang memerintahkan kepada keburukan yang dibuatnya sendiri.

Dari doa di atas, kita diingatkan bahwa manusia itu cenderung kepada kesesatan dan lupa. Secara bahasa, manusia berasal dari kata insan, dan dinamakan demikian ”linisyanihi” karena sifatnya yang pelupa. Bahkan setelah datang bimbingan dan petunjuk sekalipun. Agar tidak tergelincir, Allah membimbing kita untuk senantiasa berdoa dengan doa yang Allah sendiri yang mengajarinya. Dalam al-Qur’an sendiri, begitu banyak perintah Allah agar manusia berkomunikasi secara intensif dan kontinu kepada Allah Yang Maha Mengabulkan (al-Mujib) segala pinta dan doa manusia.

Inilah etika dan cara mengkomunikasikan doa yang Allah ajarkan: ”Berdoalah kamu secara tulus dengan tunduk kepada-Nya …” (QS  al-A’raf [7] ayat 29). Lalu, ”Berdolah kepada Tuhanmu dalam keadaan khusyuk dan khidmat” (QS  al-A’raf [7] ayat 55). Begitu juga, ”Jangan keraskan doa jangan pula jangan pula terlalu lembut, tetapi carilah jalan tengah di antara itu” (QS al-Isra’ [17] ayat 110). Semua doa yang kita panjatkan, Allah berjanji akan merespons, ”Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya untuk kalian” (QS Ghafir [40] ayat 60).  Doa senada juga terdapat dalam surat al-Baqarah [2] ayat 186.

Terkait dengan doa di atas, Ibnu Mardawih meriwayatkan dari Aisyah, dia berkata:

Rasulullah SAW  sering memanjatkan doa ini: ’Wahai Zat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah kalbuku di atas agama-Mu’. Saya bertanya, ’Wahai Rasulullah, betapa seringnya engkau memanjatkan doa ini’. Beliau menjawab, ’Tidak ada satu hati pun melainkan ia berada di antara dua jemari di antara jemari al-Rahman. Jika Dia berkehendak untuk mengokohkannya, maka ia pun dikokohkan. Dan jika berkehendak untuk menyesatkannya, maka ia pun disesatkan. Apakah kamu tidak menyimak, firman Allah, ”Ya Tuhan kami! Jangan biarkan hati kami cenderung kepada kesesatan setelah Engkau menunjuki kami! Berilah kami kasih sayang dari sisi Engkau! Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi!

Advertisements

2 thoughts on “Seri Doa Hari Ini (5): Doa Memelihara Hidayah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s