Seri Doa Hari Ini (4): Doa Sapu Jagat

Doa Sapu Jagat

Oleh: Dr. Syamsul Yakin, M.A


Doa Sapu Jagat

Doa di atas disebut “Doa Sapu Jagat”. Abduh Zulfidar Akaha dalam karyanya “165 Kebiasaan Nabi SAW”, berpendapat bahwa dikatakan demikian karena doa ini paling ringkas, paling sering dibaca Nabi SAW. Termasuk doa yang sudah mencakup seluruh urusan baik jagat dunia dan jagat akhirat. Biasanya doa ini dibaca sebagai penutup segala doa baik yang panjang maupun pendek. Tak hanya itu, doa ini juga kerap dibaca pada saat jamaah haji atau umrah yang tengah thawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran. Secara historis memang doa ini terkait dengan pelaksanaan ibadah haji.

Pertanyaannya, adakah teladan dari Nabi SAW agar kita membaca doa ini? Bersumber dari Anas bin Malik, disebutkan bahwa:

Doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi SAW, yaitu: ”Allaahumma Aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ’adzaaban naar” (HR Bukhari dan Muslim). Disebutkan dalam riwayat Muslim ditambah, ”Anas (bin Malik) sendiri jika hendak berdoa dengan suatu doa, dia bermohon dengan doa ini”.

Masihkah kita sangsi untuk membaca doa ini? Untuk mengetahuinya lebih dalam mari kita telisik spektrum doa sapu jagat ini.

Ini adalah salah satu doa yang diawali dengan ”rabbana” yang dimuat dalam al-Qur’an dan diidentifikasi sebagai doa Nabi Muhammad SAW. Muhsin Labib dalam bukunya “Kamus Doa” mengatakan bahwa di antara tata-krama berdoa di dalam Islam, dianjurkan berdoa dengan menggunakan teks-teks yang termaktub di dalam al-Qur’an. Argumentasinya, kita ingin berkomunikasi dan mengungkapkan keinginan kepada Allah SWT dengan menggunakan ungkapan yang Allah ajarkan di dalam al-Qur’an. Dari delapan belas doa yang diawali dengan kata ”rabbana”, doa Nabi Muhammad SAW di atas, salah satunya. Adapun doa-doa lainnya yang terdapat kata “rabbana” di dalamnya[1] adalah:

Doa Nabi Adam (QS al-A’raf [7] ayat 23):

QS al-A’raf [7] ayat 23‎

Keduanya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.”

Doa Nabi Ibrahim (QS al-Baqarah [2] ayat 128):

QS al-Baqarah [2] ayat 128

Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Doa Nabi Ibrahim (QS Ibrahim [14] ayat 41):

QS Ibrahim [14] ayat 41

Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)

Advertisements

3 thoughts on “Seri Doa Hari Ini (4): Doa Sapu Jagat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s