2. Allah murka kepada orang-orang yang meninggalkan sholat. Allah akan melihat orang-orang yang meninggalkan shalat dengan pandangan yang benci dan murka pada waktu dihisab, sehingga daging mukanya meleleh berjatuhan.

Maka Allah SWT bertanya kepada orang-orang yang meninggalkan shalat tersebut sebagaiman disebutkan di dalam surat Al-Infithar [82] ayat 6:

QS Al-Infithar ayat 6

Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah?”

Ya, maka “apa alasan manusia untuk durhaka kepada Allah (dengan tidak mengerjakan shalat) padahal Allah SWT adalah Maha Pemurah kepada manusia dan Dia telah memberikan apapun yang diperlukan oleh manusia selama hidup di dunia baik dia muslim atau pun kafir.

Oleh karena itu, Rasulullah Muhammad SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dzar r.a:

Hadits ttg Sedekah tidak hanya harta

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

Sesungguhnya sebagian dari para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bershodaqoh dengan kelebihan harta mereka”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bershodaqaoh? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah shodaqoh, tiap-tiap tahmid adalah shodaqoh, tiap-tiap tahlil adalah shodaqoh, menyuruh kepada kebaikan adalah shodaqoh, mencegah kemungkaran adalah shodaqoh dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah shodaqoh “. Mereka bertanya, “ Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa. Demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahala.”  (HR. Muslim no. 2376)”

Maka benarlah firman Allah SWT bahwa manusia itu sangat kikir / bakhil:

QS Al-Adiyat ayat 8

Dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta.” (QS Al-‘Adiyat [100] ayat 8)

Advertisements

Pages: 1 2 3 4 5 6 7