Kewajiban Seorang Muslim Terhadap Jenazah (Bagian 1)

Kuburan Muslim Tanah Baru

{ TAFAKUR }
Keutamaan Ziarah Kubur dan Memberi Salam kepada Ahli Kubur

Sesungguhnya mayyit dapat menjawab salam orang yang memberi salam (ketika ziarah kubur. Sesungguhnya kita diperintahkan untuk ziarah kubur, agar lebih mudah mengingat kematian, memberi salam dan mendoakan si mayit. Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha[1],

Beliau pernah bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Ya Rasulullah, apa yang harus aku ucapkan ketika aku ziarah kubur?” Maka Baginda Rasulullah SAW pun menjawab:

hadits tentang ucapan salam kepada ahli kubur

Ucapkanlah, “Assalamu alaikum wahai penghuni kubur, dari kalangan mukmini dan muslimin. Semoga Allah merahmati orang yang telah meninggal dan yang masih hidup. Dan insyaaAllah kami akan menyusul kalian.” (HR. Muslim 2301).

Dalam hadis ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk memberi salam kepada penghuni kubur. Dan beliau tidak menyebutkan, apakah mereka mendengar salam itu ataukah tidak. Kemudian, ada satu riwayat dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ahli kubur menjawab salam mukmin yg dikenalnya

Apabila ada seseorang yang melewati kuburan saudaranya sesama mukmin  yang dia kenal di dunia, lalu dia memberi salam, maka saudaranya akan akan menjawab salamnya.”

Kemudian dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda:

hadits tentang perintah ziarah kubur

Aku pernah melarang kalian untuk ziarah kubur, sekarang ziarahilah kubur karena ziarah kubur dapat melembutkan hati, meneteskan air mata, mengingatkan negeri Akhirat dan janganlah kalian mengucapkan kata-kata kotor (di dalamnya).”

Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Hakim (I/376) dari Sahabat Anas bin Malik Radhiyallahu anhu dengan sanad yang hasan. Lihat keterangan lebih lengkap dalam Ahkaamul Janaa-iz wa Bida’uha (hal. 227-229) oleh Syaikh al-Albani rahimahullah[2].

Dari Ibnu Abdil Bar bahwa Rasulullah SAW[3] bersabda:

hadits tentang dikembalikannya ruh

Orang-orang muslim yang melewati kuburan saudaranya yang dikenal saat hidupnya kemudian mengucapkan salam, maka Allah mengembalikan ruh saudaranya yang meninggal itu untuk menjawab salam temannya.”

Selain itu dijelaskan juga mengenai doa yang dianjurkan dibaca setelah “memberi salam kepada ahli kubur” yaitu:

lailaha illallahu wahdahu la syarikalahu

“Jika seseorang setelah memberikan salam kepada ahli kubur kemudian membaca doa tersebut di atas maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan dia akan diberikan pahala umrah.

Dan pada dasarnya perintah untuk menziarahi kubur ini merupakan pelajaran dari Baginda Nabi Muhammad SAW agar umatnya selalu berzikir (ingat) kepada Allah. Sebagaimana firman Allah SWT:

QS Al-Ahzab [33] ayat 41 - 42

“41. Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. 42. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. “(QS Al-Ahzab [33] ayat 41 – 42)

QS Thahaa [20] ayat 14

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.” (QS Thahaa [20] ayat 14)

Anda ingin memperoleh softcopy dan artikel ini dan audio / rekamannya? Silahkan klik tautan softcopy transkrip artikel dan rekaman / audio artikel ini.

Daftar Pustaka

Gambar 1. Memandikan Jenazah (Cinta Putih Zahra: http://ibu-zahraa.blogspot.co.id/2016/04/siapakah-yang-boleh-memandikan-jenazah.html)

Gambar 2. Mengkafani Jenazah (laman seri blogspot.co.id: http://laman-seri.blogspot.co.id/2010/05/q-hukum-mencium-mayat.html)

[1]     Nur Baits, Ammi, Konsultasisyariah.com, 2016, Mayit Menjawab Salam Para Peziarah?, diakses: 05.04.2017, https://konsultasisyariah.com/26473-mayit-menjawab-salam-para-peziarah.html

[2]     Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, 2009, Ziarah Kubur, diakses: 05.04.2017, https://almanhaj.or.id/2462-ziarah-kubur.html

[3]     Blog Bangkitnya Aswaja, 2014, Apakah orang mati bisa mendengar?, diakses: 05.04.2017, http://abuhalim34.blogspot.co.id/2014/05/apakah-orang-mati-bisa-mendengar.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s