WhatsApp: Tips Menghemat Paket Data dan Internal Memori

Hari ini siapa yang tidak kenal dengan WhatsApp? Mulai dari pegawai kantoran, ibu rumah tangga, anak-anak muda bahkan para pejabat. WhatsApp Messenger versi Android sampai saat ini sudah diunduh oleh lebih kurang 52,945,103, jauh melampaui aplikasi messenger lainnya seperti  BBM Messenger versi Android (11,452,398), LINE (9,140,630) atau Telegram (2,323,111).

Dengan aplikasi ini, maka “mengobrol” bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja baik melalui teks atau pun suara (WhatsApp Call). Dengan aplikasi ini “semua orang” mendadak bisa mempublish apa pun yang mereka mau. Mulai dari informasi  yang memang “penting dan berguna” sampai informasi “abal-abal” atau “hoax“. Dan yang paling penting “gratis!!!” Dan dengan semakin populernya WhatsApp dan aplikasi online messeging lainnya maka era “SMS” dan “MMS” (sepertinya) sudah berakhir! Uughh …

Namun demikian dengan semakin banyaknya pesan yang diterima baik yang berupa teks, gambar, video atau file dokumen yang berakibat pada “lemot” dan “penuhnya  memori internal” HP kita. Karena memang WhatsApp akan secara otomatis mengunduh data yang dikrim apa pun formatnya (teks, gambar, audio atau video). Apalagi jika setting / konfigurasi WhatsApp masih standar sehingga kurang maksimal (sebagian smartphone biasanya sudah menyertakan aplikasi ini sehingga pengguna tinggal “pakai” dan tidak repot-repot mengatur konfigurasinya) hal ini tentu saja berpengaruh terhadap “paket data / internet” yang cenderung boros / cepat habis.

WhatsApp contacts

Penting!!!

Satu hal yang harus diingat bahwa “borosnya paket data / internet” dan “cepat penuhnya memori internal HP” tidak hanya disebabkan oleh WhatsApp tapi juga faktor lain seperti aplikasi sejenis yang dipasang di HP seperti Line, BBM Messenger atau lainnya. Dan jangan lupa bahwa secara default Android selalu terhubung ke server Google untuk sinkronisasi data (auto sync) dan ini juga membutuhkan koneksi internet!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s