In Memoriam: Aksi Bela Islam 3

Terhitung hari ini, Kamis, 8 Desember 2016, genap 6 hari sejak digelarnya Aksi Bela Islam 3  yang gegap gempita, di mana sekitar 7 juta manusia dari berbagai daerah tumpah ruah  di Monumen Nasional (Monas) namun tetap berlangsung damai. Bahkan tidak ada tanaman di taman yang tumbang dan sampah pun “raib” begitu aksi berakhir. Mengenai jumlah peserta aksi yang hadir pada ABI 3 ini memang tidak ada angka yang pasti namun bukan berarti tidak bisa diprediksikan.

Jumlah Peserta Aksi Bela Islam 3
Prediksi Peserta Aksi Bela Islam 3 dengan Metode Supra Rasional

Raden Ridwan Hasan Saputra (News Republika.co.id, 2016) mengatakan adalah wajar jika ada yang berkata peserta aksi 212 sekitar 7 juta orang, 4 juta orang, 2 juta orang, tetapi yang tidak wajar adalah jika mengatakan jumlah peserta aksi 212 hanya puluhan ribu orang. Perhitungan yang ada saat ini bisa jadi karena pengamatan secara visual sehingga timbul hasil perhitungan 7 juta orang dan timbul bilangan puluhan ribu orang. Bagaimana cara yang digunakannya untuk menghitung jumlah peserta aksi, silahkan klik di sini atau di sini.

Sementara itu, menurut Muhammad Firmansyah Kasim mengatakan bahwa jumlah peserta aksi 212 sekitar 757.840 peserta aksi. Dia menggunakan pencitraan satelit untuk mencari ruang yang digunakan peserta aksi untuk salat Jumat. Yakni, area monas, jalan M.H Thamrin, dan juga area sekitarnya seperti Tugu Tani. Begini cara dia menghitungnya!

Apakah kedua cara tersebut akurat. Wallahu a’lam. Hanya Allah yang tahu berapa jumlah pastinya. Yang jelas, meskipun aksi tersebut melibatkan “sangat banyak manusia” namun tetap berlangsung damai, tidak anarkis dan yang penting ABI 3 bukanlah aksi makar!

Advertisements

One thought on “In Memoriam: Aksi Bela Islam 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s