Antre. Anda mungkin baru mendengar kata tersebut. Apakah itu kata baru? Sama sekali bukan! Kita biasa mengucapkannya “antri (mengganti huruf “e” menjadi “i” karena mungkin ini lebih enak diucapkan walau ternyata salah!)“. Tapi ketika saya mencari makna kata “antri” di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online (http://kbbi.web.id) sistem dengan santun menjawab permintaan saya “Maaf, tidak ditemukan kata yang dicari. Anda mencari kata antri dalam huruf kapital ANTRI“. Tapi ketika saya mencarinya di Google dengan kata kunci “pengertian kata antri”, maka pada baris paling atas ditampilkan hasil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Online yaitu kata “antre”.

Makna kata “antre” menurut KBBI adalah: “berdiri berderet-deret memanjang menunggu untuk mendapat giliran (membeli karcis, mengambil ransum, membeli bensin, dan sebagainya)

Sementara itu, kata “antre” yang dalam bahasa Inggeris diterjemahkan sebagai “queue“, menurut Kamus Online Merriam Webster (diantaranya) adalah “a waiting line especially of persons or vehicles” yang artinya kurang lebih “barisan atau deretan yang sedang menunggu terutama barisan orang-orang atau kendaraan”.

Pada dasarnya, tak seorang pun suka mengantri karena mengantri artinya menunggu dan itu membosankan. Tapi dalam kehidupan nyata mengantri atau menunggu ini seperti sudah menjadi suatu keharusan. Misalnya saja untuk mendapatkan suatu pelayanan (di bank ketika hendak menyetor atau menarik uang tabungan, di kantor pos ketika hendak mengirim surat atau sekedar membeli perangko, di kantor pajak ketika hendak membayar pajak atau mengurus masalah perpajakan baik pribadi maupun perusahaan / organisasi tempat kita bekerja, di kantor imigrasi ketika hendak membuat paspor, di supermarket atau minimarket ketika hendak membayar barang-barang yang akan kita beli, di depan loket kerata api,  dan bahkan di depan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ketika hendak mengambil uang kita sendiri!) kita seringkali (baik suka hati atau terpaksa) harus antri! Dan ini adalah realita yang terjadi di hampir semua tempat di mana pun di dunia ini.

Advertisements

Pages: 1 2 3 4